Pages

Social Icons

Jumat, 03 Oktober 2014

Pertemuan IV - Data Warehouse

ANALISA DAN PERANCANGAN DATA WAREHOUSE
PADA PT. PELITA TATAMAS JAYA (lanjutan)






Pemecahan masalah yang diusulkan adalah dengan membangun sebuah Data Warehouse di PT. Pelita Tatamas Jaya sebagai pendukung dalam kegiatan analisis perusahaan.


Rancangan Arsitektur :
  • Rancangan arsitektur data warehouse yang diusulkan menggunakan arsitektur data warehouse terpusat.  
      Alasan memilih data warehouse terpusat adalah :

  • Mempermudah dalam melakukan pengawasan dan pemeliharaan data yang ada di data               warehouse karena semua data terintegrasi pada sebuah tempat penyimpanan
  • Mengurangi redudansi data dan meningkatkan konsistensi data karena data dikelola                   dalam satu tempat penyimpanan terpusat
  • Data yang disimpan dalam data warehouse merupakan hasil integrasi dari berbabagi                   sumber yang berbeda sehingga menghasilkan informasi yang lebih reliable.

Arsitektur Data Warehouse pada PT. Pelita Tatamas Jaya
Komponen-komponen dari arsitektur data warehouse terpusat yang diusulkan meliputi sumber data, transformasi data, data warehouse, aplikasi untuk pengguna. Sumber data berasal dari data operasional yang sudah dimiliki perusahaan. Data operasional ini mencakup pengawasan stok persediaan barang, penjualan barang, pembelian barang. Komponen transformasi data digunakan untuk melakukan ekstrak dan transformasi data dari sumber data ke ke dalam data warehouse. Komponen data warehouse merupakan komponen yang berguna untuk menyimpan data-data yang sudah tersaring. Data yang tersimpan bersifat historical dengan jangka waktu tertentu. Selain itu, data ini dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan analisa terhadap transaksi yang telah terjadi sebelumnya. Data warehouse juga bersifat konsisten dan terjamin integritasnya sehingga informasi yang dihasilkan akurat dan tepat. Komponen aplikasi berperan sebagai jembatan penghubung antara data warehouse dengan pemakainya, sehingga pemakai lebih terbantu dalam menggunakan data warehouse

Rancangan Skema Bintang  :


Data warehouse yang diusulkan, dirancang dengan skema bintang yang terdiri dari tabel-tabel yang berfungi sebagai fakta disertai tabel-tabel yang berfungsi sebagai dimensi. Skema bintang merupakan suatu struktur sederhana yang secara relatif terdiri dari beberapa tabel dan alur gabungan yang dirumuskan dengan baik. Perancangan database ini berlawanan dengan struktur normalisasi yang digunakan untuk database proses transaksi. Database ini menyediakan response time query, skema bintang yang dapat dibaca dan dipahami oleh analis, end user, bahkan bagi mereka yang belum terbiasa dengan struktur database. Berikut ini terdapat tiga skema bintang meliputi skema bintang penjualan, skema bintang pembelian, skema bintang stok kontrol. 
  • Skema Bintang Penjualan menunjukkan kegiatan Penjualan ke Pelanggan. Pada skema ini dapat dilihat harga satuan barang, persentase diskon per barang, persentase dan nilai rupiah ppn, jumlah barang yang terjual, jumlah barang yang dibayar oleh pelanggan, jumlah barang yang diretur, dan jumlah pembayaran sebelum maupun sesudah dikenai pajak. Data tersebut dapat dilihat berdasarkan dimensi Waktu, dimensi Barang, dimensi Pembayaran, dimensi Satuan, dimensi Pelanggan, dan dimensi Signature. 


Skema Bintang Penjualan
  • Skema Bintang Pembelian menunjukkan kegiatan Pembelian dari Supplier ke Perusahaan. Informasi yang dapat diperoleh dari skema bintang ini adalah harga satuan barang, persentase diskon per barang, persentase dan nilai rupiah ppn, jumlah barang yang terjual, jumlah barang yang dibayar oleh perusahaan, jumlah barang yang diretur ke supplier, dan jumlah pembayaran sebelum maupun sesudah dikenai pajak. Data dapat dilihat berdasarkan dimensi Waktu, dimensi Barang, dimensi Satuan, dimensi Supplier, dan dimensi Signature. 
Skema Bintang Pembelian

  • Skema Bintang Kontrol Stok menunjukkan kegiatan pengontrolan atau pengaturan Barang 
  • pada
  • Gudang. Pada skema ini, informasi yang dapat diperoleh adalah mengenai jumlah barang awal, jumlah barang yang masuk ke gudang, jumlah barang yang keluar dari gudang danjumlah barang yang tersisa di gudang. Data yang ada dapat dilihat berdasarkan dimensi Waktu, dimensi Barang, dimensi Satuan, dan dimensi Gudang. 
Skema Bintang Kontrol Stok

Skema bintang juga dapat terdiri dari lebih dari satu tabel fakta. Hal ini terjadi karena mereka berisi kenyataan yangtidak saling berhubungan atau karena perbedaan waktu pemuatan data, disamping itu juga dapat meningkatkan penmapilan. Tabel fakta yang banyak sering digunakan untuk menampung berbagai tingkat dari data yang bermacam-macam, terutama jika data tersebut dalam jumlah yang besar. Kegunaan lain dari tabel fakta adalah untuk mendefinisikan hubungan many to many dari suatu tabel dimensi tertentu. Bentuk tabel seperti ini biasanya disebut tabel asosiasi. Tabel ini dibuat untuk menyelaraskan hubungan many to many di antara dimensi yang berbeda.


Struktur Menu Aplikasi :

Untuk menggambarkan keseluruhan menu yang terdapat di dalam aplikasi data warehouse pada PT Pelita Tatamas Jaya, dirancang hirarki struktur menu sebagai berikut :

Struktur Menu Aplikasi


Tampilan Hasil Aplikasi :

Berdasarkan atas rancangan tersbut, dihasilkan aplikasi data warehouse yang memiliki
tampilan hasil antara lain:

Layar Analisis Data Pembelian Barang


Fitur ini berfungsi untuk melakukan proses analisis data dan informasi pembelian barang yang
terjadi di perusahaan dengan berbagai dimensi.

Layar Analisis Persentase Pertumbuhan Pembelian Barang


Fitur ini berfungsi untuk membantu penganalisaan pertumbuhan tingkat pembelian seluruh barang dari tahun-tahun sebelumnya sampai tahun terkini, sehingga dapat diketahui persentase tingkat pembelian barang secara keseluruhan setiap tahunnya.

Layar Analisis Pertumbuhan Penjualan

Fitur ini berfungsi untuk melakukan proses analisis data dan informasi penjualan barang yang terjadi di perusahaan dengan berbagai dimensi, sehinggga dapat diketahui persentase tingkat penjualan barang secara keseluruhan setiap tahunnya. 

Layar Analisis Stok Barang

Fitur ini berfungsi untuk membantu analisa stok barang, sehingga dapat diketahui tingkat perubahan stok barang secara umum. 


Rencana Implementasi :
Untuk mengimplementasikan aplikasi data warehouse ini, perlu dukungan perangkat keras maupun piranti lunak terkait yang memadahi.

      Spesifikasi perangkat keras meliputi :
  • Komponen server, minimal PC dengan processor Pentium IV Core 2 duo
  • Memory 4 GB
  • Harddisk 240 GB
  • Penghubung jaringan (Hub/LAN)
  • Komponen berikutnya adalah client, minimal PC dengan processor Pentium IV Core 2 duo
  • Memory 2 GB
  • Harddisk 20 GB
  • Komponen ketiga Network Interface Card (NIC) yang diletakkan pada setiap server dan client agar dapar saling berhubungan. 
  • Komponen keempat adalah Switch/Hub yang digunakan untuk menghubungkan client ke server.
  • Dari sisi piranti lunak, diperlukan DBMS Microsoft SQL Server 2000 SP2, dan Program Aplikasi Data Warehouse. 

Evaluasi :
Dari evaluasi yang dilakukan, aplikasi data warehouse memiliki fungsi-fungsi yang mampu menampilkan informasi terkait pembelian, penjualan, produksi, dalam format grafikal maupun tabel dengan kemampuan drill down dan drill up, dan dapat dikaji lintas dimensional. Transformasi data dari sumber data ke data warehouse dapat dilakukan dengan baik dan benar. 

Kesimpulan :
Setelah melakukan analisis dan perancangan Data Warehouse pada PT. Pelita Tatamas Jaya, dapat ditarik kesimpulan bahwa Data Warehouse yang diusulkan dapat digunakan untuk mendukungkegiatan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pihak eksekutif pada PT Pelita Tatamas Jaya. Informasi dari aplikasi sistem data warehouse pada PT. Pelita Tatamas Jaya merupakan pengetahuan bagi pihak eksekutif perusahaan yang dapat dikembangkan untuk menentukan strategi penjualan pada perusahaan disamping penentuan kebijakan pembelian dan pengawasan persediaan barang. 











Referensi Link :

http://id.scribd.com/doc/237103454/Analisis-Dan-Perancangan-Data-Warehouse-Pada-Pt-Pelita-Tatamas-Jaya-pdf#download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Sample text

Blogroll

About

Sample Text