Pages

Social Icons

Selasa, 16 September 2014

Resume Pertemuan 1 - Data Warehouse


Data Warehouse
Definisi sederhana Data Warehouse (gudang data) adalah kumpulan seluruh data yang dimiliki oleh perusahaan/ organisasi yang berasal dari berbagai macam proses transaksi yang terjadi dalam perusahaan tersebut dan desain untuk melakukan  analisis, pelaporan dan digunakan sebagai dasar untuk sistem penunjang keputusan.

Contohnya : Pada suatu Universitas terdapat Aplikasi Human Resource Management Information Sistem (HRMIS), Aplikasi Sistem Akademik, Aplikasi Asset Management, dan lain-lain. Maka Data Warehouse akan menyimpan data-data transaksi yang dibutuhkan dari aplikasi-aplikasi tersebut biasanya ke dalam satu database. Pengelompokan data dari aplikasi-aplikasi tersebut dalam Data Warehouse disebut Data Mart.



 Tugas-tugas yang dilakukan Data Warehouse adalah sebagai berikut :

  • Pembuatan laporan, Pembuatan laporan merupakan salah satu kegunaan data warehousing yang paling umum dilakukan. Dengan menggunakan query sederhana didapatkan laporan perhari, perbulan, pertahun atau jangka waktu kapanpun yang diinginkan.

  • On-Line Analytical Processing (OLAP), Dengan adanya data warehouse, semua informasi baik detail maupun hasil summary yang dibutuhkan dalam proses analisa mudah didapat. OLAP memungkinkan para pemakai menganalisa data sampai mendetail, tanpa mengetikkan satupun perintah SQL. Hal ini dimungkinkan karena pada konsep multi dimensi, maka data yang berupa fakta yang sama bisa dilihat dengan menggunakan fungsi yang berbeda. Fasilitas lain yang ada pada software OLAP adalah fasilitas rool-up dan drill-down.Drill-down adalah kemampuan untuk melihat detail dari suatu informasi dan roll-up adalah kebalikannya.
  • Proses informasi eksekutif, data warehousing dapat membuat ringkasan informasi yang penting dengan tujuan membuat keputusan bisnis, tanpa harus menjelajahi keseluruhan data. Dengan menggunakan data warehousing segala laporan telah diringkas dan dapat pula mengetahui segala rinciannya secara lengkap, sehingga mempermudah proses pengambilan keputusan. Informasi dan data pada laporan data warehousing menjadi target informatif bagi pengguna.
Untuk membuat suatu Data Warehouse, ETL Tool merupakan sebuah tool yang umum digunakan dalam pembuatan Data Warehouse. Extract, Transform, dan Load (ETL) merupakan proses-proses sebagai berikut :
  • Extracting Data, proses ini membaca struktur data dan isinya dari sumber data yang selanjutnya akan didefinisikan ke dalam sebuah Skema Standar ETL Tool.
  • Transform, proses ini untuk menyesuaikan apa-apa saja yang akan di load ke dalam target. pada proses transform bisa berupa simple copy (hanya migrasi data ke dalam target yang mempunya skema yang sama dengan sumber data), melakukan join dari sumber data lain, melakukan agregasi, sorting, filter, dan lain (tergantung dukungan dari ETL Tool yang dipakai).
  • Load, merupakan proses terakhir yang melakukan penyimpanan data ke dalam target (Data Warehouse).


Istilah-istilah yang berkaitan dengan Data Warehouse:
  • On-Line Analytical Processing (OLAP), merupakan suatu pemrosesan database yang menggunakan tabel fakta dan dimensi untuk dapat menampilkan berbagai macam bentuk laporan, analisis, query dari data yang berukuran besar.
  • On-Line Transaction Processing (OLTP)merupakan suatu pemrosesan yang menyimpan data mengenai kegiatan operasional transaksi sehari-hari.
  • Dimension Tabletabel yang berisikan kategori dengan ringkasan data detail yang dapat dilaporkan. Seperti laporan laba pada tabel fakta  dapat dilaporkan sebagai dimensi waktu (yang berupa perbulan, perkwartal dan pertahun).

  • Fact Table (Tabel fakta) adalah tabel yang umumnya mengandung sesuatu yang dapat diukur (measure), seperti harga, jumlah barang, dan sebagainya. Fact table juga merupakan kumpulan foreign key dari primary key yang terdapat pada masing-masing dimension table. Fact table juga mengandung data yang historis. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Sample text

Blogroll

About

Sample Text